September 24, 2017

Solidaritas Jurnalis Bandung Ikut Memeriahkan May Day

Solidaritas Jurnalis Bandung Ikut Memeriahkan May Day

Bandung –  Solidaritas Jurnalis Bandung yang terdiri dari Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI)  Bandung,  Pewarta Foto Indonesia (PFI),  Wartawan Foto Bandung (WFB), Forum Komunikasi Pers Mahasiswa Bandung (FKPMB), Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bandung ikut memeriahkan May Day dengan menggelar aksi di depan Gedung Sate Bandung,  (1/5/2017).

Buruh media dan jurnalis merayakan May Day 2017 di tengah gelombang digitalisasi. Sebelumnya,  pada April lalu, setidaknya dua organisasi yang menaungi perusahaan media siber didirikan yakni Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) dan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI).

Dalam deklarasi AMSI yang digelar di Gedung Dewan Pers, Jakarta (18/4/2017), Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo menyebut kini ada sekitar 43.000 media online yang tersebar di penjuru nusantara.

Sementara, Alliansi Jurnalis Independen (AJI) menyambut baik kehadiran stakeholder baru yang memayungi industri media digital. Namun di sisi lain, AJI mengingatkan agar organisasi media siber serta para pelaku industri media massa tak abai memenuhi hak-hak pekerja media. “Selain itu, perusahaan agar tak melupakan kewajiban-kewajiban yang muncul sebagai dampak perubahan pola kerja dan tuntutan kebutuhan jurnalis di tengah maraknya digitalisasi”. Kata Suwarjono ketua umum AJI.

Menurut Suwarjono, gelombang digitalisasi telah menerpa seluruh platform media di Indonesia baik itu media cetak, media televisi, radio serta media siber.

Bahkan kini bermunculan platform-platform baru perusahaan media yang memanfaatkan perkembangan teknologi informasi yang mendorong kian derasnya arus informasi.  Tren media sosial juga menjadi tantangan nyata bagi ekslusivitas informasi di perusahaan media. “Prakteknya, kerja-kerja jurnalistik justru terbawa arus media sosial yang secara akurasi, kualitas informasi, sama sekali berbeda dengan proses editorial. Katanya.

Pada sisi lain platform-platform digital dan industri media bagai simbiosis mutualisme yang saling berdampak satu sama lain. Berdasarkan data We Are Social, populasi pengguna internet di Indonesia menembus 132 juta orang atau sekitar 51 persen dari total penduduk 262 Juta (estimasi wearesocial.com).

Sementara jumlah pengguna internet ini meningkat 44 juta (sekitar 50 persen) dari jumlah pengguna internet 2016 yang tercatat sebesar 88,1 juta. Penetrasi internet terhadap total populasi di Indonesia juga tercatat mengalami kenaikan signifikan. |gin/ky

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *