Tudingan Pungli berkedok Verifikasi Kepala SMP Menyeruak

109
ilustrasi

Kab Bandung –  Tudingan pungli santer terdengar saat Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung melakukan verifikasi faktual terhadap 11 Kepala Sekolah SMP yang mengalami rotasi dan promosi pada Desember 2017 lalu. Kesebelas sekolah tersebut diwajibkan menyetorkan uang sebesar Rp 5 juta per sekolah baik kepada Kepala Sekolah yang dirotasi promosi maupun yang tidak.

Menurut informasi, pungutan terjadi pada saat proses verifikasi berlangsung yakni di SMPN 1 Pameungpeuk pada Rabu (4/1/2018), di SMPN 2 Rancaekek pada Kamis (5/1/2018), dan di SMPN 1 Cicalengka pada Jum’at (6/1/2018).

Sumber koransawala.com menyebutkan,  jika uang hasil pungli dibagikan kepada sejumlah pejabat Kabupaten  Bandung yang melakukan verifikasi,  diantaranya kepada Kabid SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung,  Kasie Sarana,   Kasie Kurikulum,  Kasie Tentis, Kasubag Umum dan Kepegawaian dan Kasubag Keuangan.

Sementara,  Dadan,  Kaur SMPN 1  Solokanjeruk yang dituding sebagai pengepul uang saat verifikasi berlangsung di SMPN 2 Rancaekek, dimintai tanggapannya via Whatsapp,  tidak memberikan tanggapan sama sekali. Hal yang sama dilakukan oleh Kabid SMP  yang dihubungi beberapa kali Via SMS maupun WA,  sama sekali tidak memberikan tanggapan. Begitu juga saat beberapa kali mencoba menemui ke Kantor Dinas Pendidikan,  yang bersangkutan sedang tidak berada di tempat.

Kasubag Umum dan Kepegawaian Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung,  H Yuyu, ditemui di kantornya, Jum’at (12/1/2018), mengaku tidak tahu menahu perihal tudingan pungli terhadap Kepala Sekolah SMP tersebut. “Saya hanya menjalankan tugas untuk memverifikasi urusan Kepegawaian, soal itu lebih baik tanyakan langsung ke Haji Adang,”  ujarnya.

Meski tidak mengiyakan maupun menyangkal, saat ditanya soal tudingan dirinya menerima uang saat melakukan verifikasi, H Yuyu hanya tersenyum sambil menyarankan koransawala.com untuk menanyakan langsung kepada Kabid SMP.

Hal senada dilakukan oleh H.  Dian, Kasubag Keuangan yang hanya tersenyum saat ditanya perihal tudingan dirinya menerima uang pada saat melakukan verifikasi. |aky|

 

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY