Kadisdik Jabar : Guru Dituntut Memberikan Contoh Karakter Baik

Bandung|  Guru merupakan pendidik yang memiliki peran sangat penting dalam dunia pendidikan,selain berperan mentransfer ilmu pengetahuan ke peserta didik, guru juga dituntut memberikan pendidikan karakter dan menjadi contoh karakter yang baik bagi anak didiknya.
Kepala Dinas Pendidikan PropinsiJawa Barat, Ahmad Hadadi mengatakan, guru memiliki tugas utama mendidik, mengajar,membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan melakukan evaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan menengah. “Melihat peran dan tugas guru yang begitu krusial, pemerintah provinsi Jawa Barat melalui Dinas pendidikan terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan guru, baik guru PNS maupun Non PNS.”ucapnya.
Setelah adanya alih kelola SMA/SMK dari pemerintah kota dan kabupaten ke pemerintah provinsi, tunjangan guru PNS mengalami kenaikan dari 600.000 menjadi 1,2 juta /orang dan tunjangan kepala sekolah Rp.4 juta dan tenaga pengawas Rp.4,5 juta/orang. “Tidak hanya guru PNS,guru non PNS atau honorer pun mendapatkan kenaikan honor. Guru honorer mendapatkan honor Rp.85.000/jam mengajar tatap muka dari sebelumnya berkisar antara 10.000/jam hingga 35.000/jam,” tutur Hadadi kepada wartawan.
Ahmad Hadadi meminta kepada para guru baik PNS maupun Non PNS harus memenuhi kewajiban di antaranya tugas jam mengajar.“Sesuai PP no 19 tahun 2017 tentang perubahan atas PP no 74 tahun 2008 tentang guru,pemenuhan beban kerja mengajar guru paling sedikit 24 jam tatap muka dan paling banyak 40 jam dalam satu minggu.ucapnya.
Beban kerja atau tugas pokok guru tersebut di atur dalam PP yang sama pada pasal 52 ayat 1.ucap Hadadi.
Beban kerja tersebut merupakan bagian jam kerja sebagai PNS secara keseluruhan paling sedikit 37,5 jam kerja dalam satu minggu.Sebelumnya Gubernur jabar menghimbau agar guru PNS sama dengan PNS lainnya,masuk kerjanya 37,5 jam/minggu sehingga efektifnya 7,5 jam /hari.dan untuk memaksimalkan tugas pokok guru,selain di isi dengan proses pembelajaran tatap muka dengan siswa,guru juga bisa melaksanakan tugas-tugas lain. |As’kur|

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *