Serunya Berswafoto Di Kawah Gunung Galunggung

TASIKMALAYA | Wisata Alam Gunung Galunggung merupakan salah satu destinasi wisata andalan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya. Berada di atas ketinggian 2.167 mdpl, Gunung Galunggung berjarak sekira 17 Km dari pusat Kota Tasikmalaya.

Ada yang menarik dari tempat wisata Kawah Gunung Galunggung, jika di Kawah Kamojang terkenal dengan jembatan kuningnya, maka di Kawah Gunung Galunggung ada Tangga Kuning yang juga tak kalah menariknya.

Keindahan Gunung Galunggung menjadi salah satu daya tarik wisatawan dari berbagai daerah. Salah satunya puncak kawah Gunung Galunggung dengan danau hijaunya, menjadi spot menarik bagi wisatawan berswafoto.

Untuk menjangkau puncak kawah, wisatawan bisa melewati dua jalur pendakian. Jalur pertama, melalui tangga biru yang memiliki 510 anak tangga. Jalur kedua, melalui tangga kuning yang memiliki 620 anak tangga berwarna kuning.

“Lumayan cape kalo mau nyampe ke puncak,” kata Bu Imas wisatawan asal Garut, Minggu (15/4/2018).

Sejumlah pengunjung tengah berswafoto di Tangga Kuning Puncak Kawah Gunung Galunggung, minggu (15/4/2018).

Disamping puncak kawah, pemandian air panas menjadi destinasi wisata gunung Galunggung yang cukup diminati wisatawan. “Sayang kolam pemandian air panasnya kurang terawat. Harusnya bisa dibikin lebih kekinian biar lebih menarik dan nyaman  ,” ungkap Yosep wisatawan asal Jakarta.

Menurut sejarahnya, sebagai salah satu gunung aktif di Jawa Barat, Gunung Galunggung telah tiga kali mengalami erupsi.

Erupsi pertama menelan korban jiwa sebanyak empat ribu jiwa, terjadi pada tahun 1822.

Erupsi kedua terjadi pada tahun 1894, diperkirakan telah menelan korban jiwa 500 hingga 1000 orang. Terakhir, meletus pada tahun 1982.

Untuk berkunjung ke tempat wisata Galunggung, wisatawan tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Biaya masuk ke tempat ini dipungut Rp. 6.500/orang. Bagi yang mau ke puncak kawah, pengunjung akan diminta bayaran sebesar Rp. 2 ribu untuk kendaraan roda dua dan Rp 5 ribu/kendaraan roda empat.  Dan Rp 5 ribu/orang pada saat akan menaiki tangga menuju ke puncak kawah.

Bagaimana, apakah anda tertarik untuk mengunjungi Kawah Gunung Galunggung? Semoga uraian di atas bisa sedikit menjadi referensi bagi yang akan berkunjung ke daerah Tasikmalaya.

editor : aky

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *