Hilang Kontak, Keluarga TKW Mengadu ke DPRD

138

Koransawala.com| Bandung: Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari didampingi Ketua Komisi V Syamsul Bachri menerima audiensi keluarga TKW asal Garut yang hilang kontak dengan keluarga selama 8 tahun. Korban bernama Ai Solihat tersebut menghilang sejak 2008 silam tanpa mengabari kepada pihak keluarga sedikitpun.
Menanggapi pengaduan tersebut, Syamsul Bachri mengatakan Komisi V akan berkoordinasi dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jabar untuk menginformasikan adanya warga Jabar asal Garut yang sudah 8 tahun tidak ada kabar di Riyadh, Arab Saudi.
“Selain berkoordinasi dengan pihak terkait, kita juga akan meminta pertanggungjawaban agen yang memberangkatkannya,” ujar Syamsul di DPRD Jabar, Jalan Diponegoro no. 27, Kota Bandung, Selasa (2/02/2016).
Dia menambahkan, pihaknya memberikan kesempatan yang sama kepada masyarakat Jabar untuk melaporkan kasus yang sama. Pasalnya, data sementara terdapat 18 orang TKW asal Garut hilang kontak di negara lain. Selain itu, dengan adanya kasus serupa akan ditindaklanjuti dengan BNPPTKI dan BPJTKI agar mendapatkan kejelasan informasi yang akurat.
“Kami sangat terbuka bagi warga Jabar yang ingin melaporkan hal seperti ini. Inikan lembaga wakil rakyat yang dimiliki rakyat. kami akan semaksimal mungkin untuk dapat membantu warga Jabar,” katanya.
Menurut pihak keluarga yang diwakili oleh Ibu Cucu, Ibu kandung dari Ai Solihat, pihak keluarga telah melaporkan ke pihak terkait namun sampai saat ini belum juga menemukan informasi akurat mengenai keberadan anaknya tersebut.
Cucu mengatakan, dirinya berharap pemerintah dapat bersama-sama menelusuri dan mengembalikan anaknya. Berbagai upaya sudah dilakukan untuk mendapatkan informasi mengenai keberadaan anaknya. Perusahaan yang memberangkatkannya hingga saat ini belum juga memberikan informasi lanjutan dari BNPPTKI.
“Pihak BNPPTKI sudah menjanjikan kepada saya akan mencari dan saya sangat mengharapkan dari DPRD Provinsi Jawa Barat bisa membantu khususnya dari Komisi V,” ujar Cucu. |Sobur

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY