September 24, 2017

Pembangunan BIJB Terhambat Akibat Plin Plannya Pemerintah Pusat

Pembangunan BIJB Terhambat Akibat Plin Plannya Pemerintah Pusat

BANDUNG – Anggota Komisi III DPRD Provinsi Jabar, Herlas Juniar, mengatakan, plin-plannya pemerintah pusat dalam membantu pembangunan Bandara Internasional Kertajati menghambat pembangunan BIJB Kertajati.

“Ada kendala. Awal oleh pusat, kini pusat ke pemprov lagi. Akhirnya kita harus mempersiapkan ulang lagi,” kata Herlas di Gedung DPRD Provinsi JabarRabu (23/11).

Menurutnya, pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati memang menjadi terhambat akibat tidak konsistennya pemerintah pusat dalam membantu pembangunannya. Seperti diketahui, pemerintah pusat sempat mengambil alih pembangunan bandara tersebut sehingga pembiayaannya tidak oleh provinsi lagi.

Namun, baru-baru ini pemerintah di bawah Presiden Joko Widodo ini membatalkan pengambilalihan tersebut dan menyerahkan kembali pembangunan BIJB Kertajati ke Pemerintah Provinsi Jabar.

Sementara, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan (Aher) menyatakan, pembebasan lahan untuk pembangunan bandara internasional Kertajati akan terus dilakukan tahun ini, terutama untuk perpanjangan runway atau landasan. “Runway harus selesai pembebasan lahannya tahun ini, karena tahun depan harus sudah selesai pembangunan runway, ujarnya di Bandung, Kamis (24/11).

“Ini untuk runway harus selesai pembebasan lahannya tahun ini, agar tahun depan ada pembangunan lanjutan untuk landasan dan penunjang lainnya. Sekarang kan panjangnnya baru 2 ribu meter lebih, ditargetkan tahun depan sudah mencapai 3 ribu meter” jelasnya. |saburniat|

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *